Tips Lulus Tes Bakat Skolastik (TBS) dan Tes Kepribadian SJT (Situational Judgement Test) LPDP


Hey, terima kasih sudah memilih artikel ini untuk dibaca.

Diantar kalian yang membaca ini, mungkin sudah melalui seleksi administrasi LPDP, congrats!! Sementara untuk kalian yang membaca untuk persiapan LPDP batch berikutnya, semoga bisa membantu persiapannya.

Seleksi  Tes Bakat Skolastik (TBS) dan Tes Kepribadian SJT (Situational Judgement Test) adalah rangkaian kedua sebelum kalian melanjutkan ke tahap wawancara substansi. Dalam tahap ini ada dua jenis tes, yakni TBS dan tes kedua berupa SJT. Menurut LPDP, TBS dan SJT adalah sebagai berikut:

Tes Bakat Skolastik (TBS) adalah tes yang mengukur potensi atau kemampuan belajar seseorang, yaitu potensi yang mendasari kemungkinan seseorang berhasil sekiranya dia mendapatkan kesempatan untuk belajar terutama di jenjang yang lebih tinggi. Tes Bakat Skolastik terdiri dari 3 subtes yaitu Penalaran Verbal yang terdiri dari 23 soal dan dikerjakan dalam waktu 30 menit, Penalaran Kuantitatif yang terdiri dari 25 soal dan dikerjakan dalam 40 menit dan Pemecahan Masalah yang terdiri dari 12 soal dan dikerjakan dalam 20 menit, dengan total waktu untuk mengerjakan Tes Bakat Skolastik 90 menit.

Tes Kepribadian SJT (Situational Judgement Test) adalah tes kepribadian yang dikembangkan dengan menggunakan bentuk penilaian terhadap situasi. Dalam tes ini Anda akan dihadapkan pada situasi-situasi yang mengharuskan Anda untuk melakukan penilaian dan pengambilan keputusan berdasarkan apa yang diyakini, diharapkan, atau kebiasaan yang dilakukan. Tes ini terdiri dari 40 soal dan dikerjakan dalam waktu 45 menit.

Untuk pengerjaan tes ini dilakukan secara daring (dalam jaringan) atau online, sehingga kalian harus mempersiapkan peralatan-peralatan yang diperlukan sesuai dengan ketentuan LPDP serta jaringan internet yang kuat. Baca baik-baik petunjuk yang diberikan oleh LPDP dalam website-nya untuk memastikan bahwa kalian mempersiapkan keperluan dengan benar dan sesuai ketentuan. Jangan sampai gagal hanya karena permasalahan teknis, sayang banget!

Berikut hal-hal yang perlu kalian persiapkan dalam menghadapi TBS dan SJT:

a.     Tes Bakat Skolastik yang diberikan oleh LPDP cukup sulit menurut saya. Ingat bahwa terdapat 3 jenis subtes di TBS ini, yakni Verbal, Kuantitatif, dan Pemecahan Masalah. Ketiganya harus kalian kerjakan sesuai dengan waktu yang diberikan, sehingga banyak sedikitnya soal yang bisa dikerjakan sangat tergantung dari kemampuan kalian dalam me-manage waktu dalam mengerjakan soal. Tips menurut saya, diantara Verbal dan Kuantitatif, kalian harus bisa mengidentifikasi mana yang menurut kalian bisa menjadi sumber meraih poin banyak. Ada orang yang jago Verbal dan ada juga yang lebih merasa nyaman mengerjakan Kuantitatif. Pahamilah kemampuan kalian masing-masing dan asahlah apa yang menurut kalian bisa dimaksimalkan. Apabila kamu lebih bisa mendapatkan nilai bagus dalam Verbal, gunakan subtes ini sebaik-baiknya dan maksimalkan nilainya. Sementara untuk Kuantitatif nanti bisa dikerjakan semampunya saja.

  1. Tes Penalaran Verbal TBS LPDP kurang lebih sama dengan TPA Bappenas. Apabila kalian telah terbiasa dengan TPA Bappenas yang bagian Verbal, sepertinya tidak terlalu banyak mengalami kesulitan.
  2. Tes Penalaran Kuantitatif yang diberikan oleh LPDP ternyata cukup sulit. Saya agak lupa dengan jenis-jenis soalnya. Kalo kalian saat ini tidak terbiasa dengan matematika, buka-buka kembali soal-soal TPA dan belajar seperti Linear Equations, Polynomials, Quadratic Equations, Exponents, Trigonometry, Inequalities, dan lain sebagainya.
  3. Selain kedua jenis tes tersebut, ada juga Pemecahan Masalah dimana kalian akan diberikan artikel untuk dibaca. Artikel ini memiliki data-data, biasanya dalam tabel. Dari satu artikel nanti akan diberikan beberapa pertanyaan yang jawabannya ada dalam artikel tersebut, tapi tidak tersurat secara langsung. Perlu kecepatan berpikir untuk membaca data yang disajikan dalam artikel, misalkan tren kenaikan/penurunan angka kemiskinan tiap tahun. Soal di bagian ini nampaknya mudah, tapi karena waktu yang sangat mepet, kita sering terjebak memilih jawaban yang tidak tepat.

TIPS:

Banyak membaca buku TPA dan berlatih soal, terutama Penalaran Kuantitatif (Matematika).


b.   Tes Kepribadian SJT (Situational Judgement Test) bukan merupakan tes yang sulit karena kita hanya disuruh memilih jawaban sesuai dengan kepribadian kita. Pertanyaan yang disampaikan berbeda tiap nomornya, namun ada yang sebenarnya intinya sama. Dari situ nanti akan kelihatan apakah kita konsisten dengan jawaban kita atau justru kita memilih jawaban yang berbeda untuk hal yang sebenarnya sama.

TIPS:

Berhati-hati dalam memilih setiap jawaban, saat menjawab ingat-ingat apakah pertanyaan yang sedang kita kerjakan memiliki kesamaan dengan yang sudah kita jawab sebelumnya.

 

Itu saja sih dari saya, nanti pada saat pengumuman kalian akan diberikan nilai yang kalian dapatkan dan disampaikan berapa Passing Grade untuk jenis beasiswa LPDP yang kalian pilih.

Semangat belajar dan semoga dimudahkan ya ujiannya.

 

Salam,

frochadi

3 comments:

  1. Tetap semangat memberikan manfaatnya pak

    ReplyDelete
  2. Masukan yg sangat bermanfa'at...terima kasih pak

    ReplyDelete

Powered by Blogger.